Indonesia Communication Sistem ( Budaya Jawa dan Cina)

06.30 Edit This 0 Comments »

Indonesian Communication System

“Komunikasi Antar Budaya di Dalam Keluarga”
(Kebudayaan Cina dan Jawa Tengah)



disusun oleh:

Wiraguna Kristian Naftalie Guntur
MKT 11-1C
2006100316

Kebudayaan Cina
Pada dasarnya orang-orang keturunan cina memiliki karakter pelit, ketika berbicara ceplas-ceplos tanpa memikirkan perasaan orang lain. Namun dibalik itu semua, orang-orang cina sangat terkenal dengan perhitungan yang teliti dalam hal bisnis, pekerja keras, dan juga, sangat mengutamakan anak-anak nya dahulu. Sebagai gambaran, orang tua dari keluarga cina, biasanya rela banting tulang namun itu semua hanya untuk anak-anaknya, jarang sekali orang tua dari keturunan cina berfoya-foya hanya untuk kepentingan nya sendiri.

Dalam keluarga keturunan Cina, biasanya sangat kental sekali ikatan keluarganya. Hal ini dapat terjadi karena, dalam keturunan cina, masih ada budaya untuk berkumpul (biasanya pada saat hari raya besar Imlek) dan juga, dengan adanya marga, sehingga pertalian saudara tidak terputus dan dapat diketahui dengan mudah. Ditambah lagi dengan kebiasaan mengunjungi makam leluhur, yang biasanya di hadiri oleh seluruh anggota keluarga, dan moment ini biasanya digunakan untuk saling lebih menakrabkan diri, dan juga untuk mengenalkan saudara-saudara yang lain, karena biasanya orang keturunan cina memiliki saudara yang banyak dan tersebar.
Bila disimpulkan, kebudayaan orang-orang keturunan ini memiliki beberapa kelemahan dan sisi posotifnya. Kelemahannya ialah, orang-orang ini biasanya terkenal dengan sikap pelitnya, padahal menurut mereka, mereka hanya berhemat. Lalu orang-orang ini ketika berbicara pun sangat ceplas-ceplos (poksang) sehingga, tak jarang menyinggung lawan bicaranya apalagi orang yang baru dikenal. Nada bicara orang-orang ini biasanya terdengar agak ketus, sehingga tak jarang bila mereka sedang berkomunikasi seperti orang sedang bertengkar.
Sisi positif nya ialah, orang-orang ini terkenal sangat ulet dalam bekerja, mungkin dikarenakan kultur mereka yang mengutamakan pekerjaan. Dalam berbisnis, mereka biasanya sangat cermat dan berani ambil resiko, sehingga tak sedikit orang-orang tersebut bisa sukses dalam waktu yang cukup singkat.


Kebudayaan Jawa Tengah
Orang-orang dengan kebudayaan ini, bisanya sangat mengutamakan kesopanan, dan juga masih terdapat system urutan,atau tingkatan dalam keluaraga, jadi sekalipun seorang anak usianya jauh lebih muda dari saudaranya, bias saja dia dipanggil mas atau Mba, tergantung dari urutan keluarganya. Orang JAwa terkenal dengan sikap tertutup dan pendendam, jadi bila ada orang yang menyinggung perasaannya, biasanya rasa kesal tersebut akan dibawa samapi mati, sekalipun mungkin didepan orang yang bersangkutan masih dapat besikap ramah.
Orang-orang dengan kebudayaan ini, biasanya sangat sensitive dan halus dalam berbicara, jadi harus berhati-hati bila berbicara dengan orang-orang Jawa Tengah. Kelebihan dari orang-orang ini adalah, sekalipun terlihat lambat dalam bekerja, tapi termasuk dalam orang yng pekerja keras, dan juga kreatif. Orang-orang ini, sekalipun tidak sepintar orang cina dalam berbisnis, naumun orang-orang Jawa Tengah biasanya mampu berfikir bagaimana cara menghasilkan duit.
Tidak jauh berbeda dengan orang-orang dari keturunan cina, orang-orang jawa pun memiliki kelemahan dan sisi positif dari kultur mereka. Kelemahan kebudayaan ini adalah, sikap ketertutupannya membuat orang sulit untuk menebak maksud dari orang-orang ini. Ditambah lagi dengan tingkat sensitifitas yang tinggi, sehingga mudah sekali tersinggung, walaupun jarang sekali menunjukkan sikap ketidaksukaannya, namun hal ini membuat orang-orang Jawa pada umumnya bila sudah marah ama seseorang, maka akan di ingat sampai mati. Dalam bekerjapun sangat santai, sehingga tidak cocok untuk bidang pekerjaan yang membutuhkan kecepatan waktu.
Disamping kelemahan-kelemahan di atas, orang jawa pun memiliki sisi positif, misalnya, orang-orang Jawa Tengah memiliki tingkat kesopanan yang sangat tinggi. Dan juga, khususnya untuk pria, bias dibilang beruntung bila memiliki istri orang Jawa Tengah, karena pada umum nya orang-orang ini setia dan pintar mengatur keuangan.

Komunikasi Antar Budaya di Dalam Keluarga

Selama ini belum ada masalah yang besar di dalam komunikasi di keluarga sekalipun terdapat gabungan dua kultur yang berbeda. Hal ini mungkin dikarenakan, masing-masing kultur yang ada bersifat mampu beradaptasi dan menerima perbedaan. Sekalipun mungkin pada awal-awalnya terdapat masalah, apalagi dengan masalah karakter, di satu sisi yang satu berasal dari background keluarga keturunan yang ketika berbicara ceplas-ceplos bertemu dengan orang yang berasal dari keluarga denga background keluarga dari culture Jawa Tengah yang memiliki perasaan yang halus.
Namun seiring waktu, masing-masing dapat mempelajari dan beradaptasi dengan perbedaan budaya tersebut. Jadi sebenarnya, pada intinya perbedaan kultur dalam keluarga bukan masalah, yang penting ialah bagaiamana cara untuk menyingkapi perbedaan tersebut dan sikap mau menerima segala perbedaan dan mempelajari perbedaan tersebut, dan yang paling penting adalah menyamakan pandangan bahwa perbedaan itu adalah merupakan variasi yang indah.

0 komentar: