Tugas Antropologi (kasus rasisme)

06.25 Edit This 0 Comments »
Kasus Rasis, Kroasia Didenda
Jumat, 26 September 2008
Zurich- Badan Sepakbola Dunia akhirnya menjatuhkan sanksi berupa denda 14,920 Poundsterling kepada federasi Sepakbola Kroasia. Sanksi tersebut merupakan buntut rasis yang dilayangkan pendukung Timnas Kroasia.
Aksi rasis para pendukung Kroasia dialamatkan kepadanstriker Emily Heskey. Saat itu, Heskey tengah membantu Inggris membungkam Kroasia 4-1 pada babak penyisihan Piala Dunia 2010 di Maksimir Stadium, Zagreb, 11 September lalu.
Kelompok kecil penonton meneriakkan umpatan monyet kepada Heskey. Pemicunya adalah aksi pelanggaran yang dilakukan Heskey terhadap pemain Kroasia Niko Kovac. Setelah laga berakhir, Asosiasi Sepak Bola Inggris langsung melayangkan aduan ke FIFA, kemudian FIFA langsung melakukan investigasi terhadap kejadian tersebut.
(sumber: http://bola.okezone.com dibuka tanggal 12-10-2010)



Komentar

Dipandang dari sudut manapun, tindakan para pendukung Kroasia tidak dapat dibenarkan. Karena ujung dari perbuatan rasisme adalah masalah, dan itulah yang dihadapai Kroasia sekarang. Cukup aneh, dengan semakin majunya dunia, masih banyak saja munculnya masalah rasisme. Hal ini bukan semata kurangnya kesadaran maupun tinggi rendah nya tingkat pendidikan, namun masih ada nya pemikiran yang kental dikalangan tertentu kalau budaya mereka atau suku mereka adalah yang paling hebat, atau bisa dikatakan juga etnosentrisme.
Padahal bila dipelajari dari masing-masing budaya nya, seiap suku maupun negara memiliki keunggulannya sendiri, sehingga sangat tidak perlu untuk bersikap seperti halnya pendukung Kroasia lakukan. Apalagi, pada dasarnya semua manusia itu memiliki harkat dan martabat yang sama.

0 komentar: